You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Inovasi Media Jellyfish Math Race untuk Pembelajaran Interaktif di SD Negeri Kaliagung

KKN UNY 22 Desember 2025 Dibaca 5 Kali

Kaligalang, 27 November 2025 —Mahasiswa KKN-RD 031 Universitas Negeri Yogyakarta mengimplementasikan media pembelajaran Jellyfish Math Race di SD Negeri Kaliagung sebagai bentuk inovasi pembelajaran matematika untuk mendukung pencapaian SDGs 4: Quality Education. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif guna meningkatkan minat belajar serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pecahan.

Jellyfish Math Race bertujuan mendorong pembelajaran aktif dan berkelanjutan (education for sustainable development) melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Media ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, minat belajar, serta kerja sama peserta didik melalui permainan matematika yang edukatif dan menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tahapan koordinasi dengan pihak sekolah dan guru, analisis materi sesuai kurikulum, pengembangan media pembelajaran, implementasi di kelas secara berkelompok, serta evaluasi. Dalam kegiatan ini, mahasiswa berperan dalam merancang dan menerapkan media pembelajaran, memfasilitasi jalannya  permainan, mengondisikan kerja kelompok, serta melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Jellyfish Math Race mampu meningkatkan antusiasme belajar, kerja sama tim, dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV. Secara umum kegiatan berjalan dengan baik dan mendapat respons positif, meskipun masih terdapat kendala pada pengelolaan waktu dan pengawasan aturan permainan yang menjadi bahan perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar serta mendukung terwujudnya pendidikan berkualitas sesuai dengan SDGs 4. (Almas/UNY)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image