You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Inovasi Media Pembelajaran Multibahasa melalui Poster Nama Hewan pada Program KKN di SD Kalipenten

KKN UNY 19 Desember 2025 Dibaca 6 Kali
Inovasi Media Pembelajaran Multibahasa melalui Poster Nama Hewan pada Program KKN di SD Kalipenten

Inovasi Media Pembelajaran Multibahasa melalui Poster Nama Hewan pada Program KKN di SD Kalipenten

Latar belakang program kerja

      SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) memiliki tujuan untuk memastikan akses terhadap pendidikan yang penuh inklusi dan berkualitas serta mendorong kegiatan belajar yang berkelanjutan. Pengenalan bahasa asing pada tahap pendidikan dasar adalah salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut, khususnya dalam memperkuat kemampuan literasi dan kesiapan siswa di tingkat global. Hasil pengamatan di SD Kalipenten menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual yang menggunakan bahasa asing masih sangat terbatas. Siswa di sekolah tersebut belum banyak terpapar pada kosakata bahasa Inggris dan bahasa Jerman dalam aktivitas sehari-hari di sekolah mereka. Sementara itu, penggunaan media visual seperti poster terbukti sangat efektif dalam membantu siswa untuk mengingat kosakata dasar dengan cara yang kontekstual dan berkesinambungan. Dengan demikian, poster edukatif dapat menjadi alat pembelajaran yang ideal bagi anak-anak di SD Kalipenten.

 

Tujuan program kerja

Adapun tujuan dari program kerja adalah sebagai berikut:

  • Mendukung SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dengan memberikan media pembelajaran visual yang menggunakan bahasa.
  • Memperkenalkan nama-nama hewan dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Jerman) kepada siswa SD Kalipenten.
  • Meningkatkan semangat belajar dan pemahaman bahasa siswa melalui poster yang menarik dan mudah dipahami.

Membantu mahasiswa KKN mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam tim, berkreasi, dan berkontribusi bagi masyarakat.

 

Target program kerja

  • SDG utama: SDG 4 – Pendidikan berkualitas
  • SDG sekunder: SDG 17 – Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (kerja sama mahasiswa KKN dengan pihak sekolah).

 

Kegiatan dan lini masa

Minggu 1: Observasi kebutuhan sekolah dan koordinasi dengan guru SD Kalipenten      Data kebutuhan media pembelajaran

Minggu 2: Perancangan desain poster (nama – nama hewan dalam 3 bahasa)            Draft desain poster

Minggu 3: Pembuatan dan pencetakan poster           Poster edukatif siap pakai

Minggu 4: Pemasangan poster di ruang kelas dan sosialisasi penggunaan poster kepada siswa   Poster terpasang dan digunakan dalam pembelajaran

 

Peran dan tanggung jawab

  • Pemilik program kerja: Mengatur jalannya kegiatan, berkoordinasi dengan pihak sekolah, serta menyiapkan dan mendesain poster agar menarik, jelas, dan sesuai dengan karakter siswa SD.
  • Penunjang program kerja: Membantu dalam pembuatan poster serta membantu mensosialisasikan program kerja berubah poster informatif kepada siswa.
  • Tim dokumentasi: Mendokumentasikan proses dan hasil kegiatan untuk laporan KKN.

 

Hasil program kerja

  • Berwujud:

Berhasil membuat poster edukatif nama – nama hewan dalam tiga bahasa yang terpasang di ruang kelas SD Kalipenten.

  • Tidak Berwujud:

Berhasil membuat media untuk meningkatkan pengetahuan dasar siswa tentang kosakata hari dan bulan dalam bahasa asing.

  • Meningkatnya minat belajar siswa melalui media visual edukatif.

Terjalinnya hubungan positif antara mahasiswa KKN dan pihak sekolah.

 

Evaluasi dan bekerlanjutan

           Poster edukatif mengenai nama-nama hewan dalam 3 bahasa (jerman, inggris dan indonesia) berhasil dibuat dan dipasang di kelas 5 SD Kalipenten. Dalam pelaksanaannya, respons dan antusiasme siswa saat kegiatan pengenalan poster sangat tinggi, mereka banyak bertanya dan mampu menghafal serta menjawab pertanyaan ketika ditanyakan.

           Kedepannya, poster yang telah dipasang dapat digunakan secara berkelanjutan oleh pihak sekolah sebagai media pembelajaran. Program ini juga berpotensi dikembangkan dengan materi kosakata lain, seperti angka, warna, atau benda di sekitar kelas. (Farhan Dava Raihan/KKN UNY)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image