You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Relawan Jepang dari Habitat Indonesia Belajar Pembuatan Kerajinan Serat di Dewi Craft Nglotak

Partner SID 14 Maret 2024 Dibaca 19 Kali
Relawan Jepang dari Habitat Indonesia Belajar Pembuatan Kerajinan Serat di Dewi Craft Nglotak

Kaliagung – Relawan Jepang dari Yayasan Habitat Indonesia belajar membuat kerajinan tradisional dari serat alam di Dewi Craft, Padukuhan Nglotak, Kaliagung pada Sabtu, 10 Februari 2024 lalu.

Yayasan Habitat Indonesia merupakan yayasan amal yang berfokus pada kegiatan bantuan sanitasi dan rumah layak huni. Kalurahan Kaliagung dan Habitat Indonesia pun sudah beberapa kali menjalin kerja sama.

Para relawan Jepang yang datang ke Kaliagung biasanya akan ikut serta membantu proses pembangunan rumah layak huni tersebut. Di sela waktu luang, mereka juga akan berkegiatan di masyarakat untuk lebih mengenal budaya Indonesia.

Salah satunya mereka mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan serat alam di Dewi Craft yang beralamat di Nglotak.

Dewi Craft merupakan UMKM yang bergerak di bidang kerajinan terutama dari serat alam yang baru berdiri di masa pandemi Covid-19 lalu. Kini, Dewi Craft telah berkembang pesat hingga memiliki beberapa karyawan.

Selain itu, produk-produk kerajinan dari Dewi Craft juga telah diekspor ke beberapa negara. Oleh sebab itu, kualitas kerajinan dari Dewi Craft tentunya tidak diragukan lagi.

Ada banyak produk seperti vas, bunga palsu, wadah, karpet, hingga hiasan dinding. Serat alam yang digunakan pun cukup bervariasi seperti serat dari eceng gondok hingga lainnya.

Para relawan Jepang yang rata-rata masih berusia muda tepatnya di usia-usia kuliah tampak antusias untuk mengetahui lebih lanjut terkait kerajinan khas Indonesia ini dan bersemangat untuk dapat belajar.

Meski awalnya kesulitan, tetapi mereka juga pada akhirnya berhasil membuat kerajinan sederhana sesuai arahan dari pelatih dari Dewi Craft. Hasil kerajinan yang mereka buat juga dibawa pulang sebagai souvenir. (arum-sid)***

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image