You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Penyuluhan Stunting pada Posyandu Dahlia Dusun Kaliwilut

KKN Sanata Darma 30 Januari 2024 Dibaca 33 Kali
Penyuluhan Stunting pada Posyandu Dahlia Dusun Kaliwilut

Stunting merupakan momok permasalahan yang cukup meresahkan bagi masyarakat. Dilansir dari Kemendikbud, prevalensi stunting di Indonesia adalah 21,6%. Sedangkan menurut WHO, terkait prevalensi stunting harus berada di bawah angka 20% sehingga pada 2024 pemerintah menargetkan untuk menekan angka stunting menjadi 14%.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dan nutrisi yang dikonsumsi dengan perkembangan anak, pada Jumat, 12 Januari 2024 kelompok KKN Sanata Dharma yang ditempatkan di Dusun Kaliwilut, Kelompok 78, berinisiatif memberikan penyuluhan kepada para orang tua terkait pencegahan stunting. Seperti yang telah banyak diketahui masyarakat, stunting memiliki dampak yang signifikan pada tumbuh kembang anak seperti gagal tumbuh, hambatan perkembangan kognitif dan motorik serta gangguan metabolik pada saat dewasa. Namun sayangnya penyebab stunting yang sangat banyak sering luput dari perhatian para orang tua. Pada kegiatan posyandu bulanan yang diadakan di kediaman dusun kaliwilut, mahasiswa sanata dharma tersebut mendapat kesempatan untuk memaparkan ciri-ciri, dampak, serta pencegahan stunting bukan hanya pada anak namun juga sejak janin berkembang di ibu hamil. 

Penyuluhan disambut dengan hangat dan interaktif oleh warga Dusun Kaliwilut, dimana tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu namun juga ada beberapa bapak-bapak yang menunjukkan antusiasme mereka dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak masing-masing. Dengan kegiatan ini diharapkan para orang tua semakin sadar akan pentingnya pemenuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak.(KKN78 USD)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image