You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Pembelajaran dengan pendekatan STEAM bagi anak SMP di Padukuhan Ngrandu, Kaliagung, Sentolo.

KKN Sanata Darma 22 Januari 2024 Dibaca 60 Kali
Pembelajaran dengan pendekatan STEAM bagi anak SMP di Padukuhan Ngrandu, Kaliagung, Sentolo.

  Pada KKN Universitas Sanata Dharma ke 67 di Kelurahan Kaliagung ini, kelompok 80 melakukan KKN di Dusun Ngrandu. Tentunya ketika KKN belangsung, Kelompok 80 memiliki beberapa program kerja. Salah satu program kerja yang dimiliki kelompok 80 adalah Pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Pembelajaran dengan pendekatan STEAM ini merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan hubungan antara pengetahuan dan keterampilan science, technology, engineering, art, dan mathematics untuk mengatasi masalah. Pembelajaran STEAM di Dusun Ngrandu berlangsung selama dua pertemuan. pertemuan pertama dilaksanakan tanggal 6 Januari 2024 dan pertemuan kedua pada tanggal 20 Januari 2024. Pada kedua pertemuan tersebut, pemuda SMP akan dibantu oleh teman-teman dari karang taruna diluar jenjang SMP untuk membuat dua proyek kecil dalam kelompok. Ada 4 kelompok yang terbentuk untuk menyelesaikan proyek-proyek tersebut. 

   Proyek pertama, anak-anak akan membuat miniatur menara toren air dari sedotan dan solatip. anak-anak belajar bahwa ada masalah yang harus diselesaikan dari proyek tersebut. masalah tersebut adalah toren air harus berada di atas untuk mengalirkan air dengan mudah ke semua tempat dalam suatu rumah. Oleh sebab itu, salah satu solusi yang diperlukan adalah membuat menara toren air agar toren air dapat berada di atas. Proyek kedua, anak-anak akan membuat miniatur tangga. Masalah yang harus diselesaikan adalah adanya keperluan manusia untuk naik ke atas pada suatu bangunan. Oleh sebab itu, solusi yang diperlukan adalah membuat tangga untuk naik dari lantai satu ke lantai yang lainnya.  

  Pada saat mengerjakan proyek, anak-anak akan diberikan bahan-bahan untuk membuat miniatur dan lembar kerja. Lembar kerja tersebut meminta setiap kelompok untuk menuliskan bahan-bahan asli dalam pembuatan menara toren air dan tangga, membuat sketsa miniatur yang akan di buat, membuat miniatur dengan tinggi minimal 20 cm, serta menuliskan apa yang akan di perbaiki dalam proyek tersebut. 

    Anak-anak dalam kelompok mulai membuat proyek-proyek yang sudah ditentukan. Setiap proyek dapat terselesaikan dengan baik. Setiap proyek yang sudah selesai, akan dilakukan uji coba. Uji coba untuk proyek miniatur menara toren air adalah peletakan botol pada bagian atap menara dengan berat 800 ml selama 10 detik. Uji coba proyek miniatur tangga adalah peletakan gembok pada anak tangga untuk melihat apakah gembok dapat berdiri atau jatuh karena anak tangga yang miring. 

      Setelah Uji Coba Selesai, anak-anak belajar mengenai materi (STEAM) apa saja yang ada pada proyek-proyek yang sudah di buat. Contoh materi Science pada miniatur proyek menara adalah Energi Potensial. Untuk materi mathematics pada miniatur tangga adalah teorema pythagoras. anak-anak juga saling sharing apa kendala yang dihadapi dalam kelompok dan bagaimana penyelesaiannya. 

Disusun Oleh: Yorian Soedarbe (Kelompok 80) 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image