You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

"Mengembangkan Karakter Anak Melalui Lomba Mewarnai dan Budaya Literasi"

KKN Sanata Darma 30 Januari 2024 Dibaca 49 Kali

Budaya literasi adalah fondasi utama dalam membentuk perkembangan intelektual dan emosional anak-anak. Sayangnya, tren menunjukkan penurunan minat anak-anak terhadap membaca dan menulis di era digital ini. Dalam era digital ini, di mana literasi sering terbatas pada teks digital, perlu ada pendekatan yang menyenangkan dan menarik untuk membangun budaya literasi di kalangan anak-anak. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang holistik dan terarah untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan anak-anak. 

Dalam pelaksanaan program kerja KKN, kami merancang kegiatan budaya literasi yang melibatkan anak-anak Padukuhan Banyunganti Kidul mulai dari TK hingga SD, dengan fokus pada meningkatkan kesadaran literasi, oleh karena itu kami mengorganisir program KKN yang memasukkan kegiatan lomba mewarnai sebagai instrumen untuk menciptakan atmosfer positif terhadap pembelajaran dan kreativitas di kalangan anak-anak TK dan SD di Padukuhan Banyunganti Kidul. 

Pelaksanaan program kerja ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Jumat, bersamaan dengan kegiatan bimbingan belajar. Sebelum belajar anak-anak dipersilahkan untuk membaca terlebih dahulu selama 15 menit, setelah itu mereka diminta menceritakan kembali apa yang telah mereka baca. Untuk lomba mewarnai terbagi menjadi dua, yaitu lomba mewarnai untuk PAUD dan TK dan lomba mewarnai untuk SD. 

Dengan adanya program kerja ini kami berharap anak-anak di Padukuhan Banyunganti Kidul memahami pentingnya literasi dan adanya peningkatan minat baca, selain itu kami juga berharap anak-anak di Padukuhan Banyunganti Kidul semakin berani untuk mengeluarkan ide kreatif yang mereka miliki. (KKN 81 Banyunganti Kidul)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image