You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Relawan Habitat Indonesia dari Jepang Ikuti Pelatihan Batik di Kaliagung Batik

Partner SID 26 Agustus 2023 Dibaca 214 Kali
Relawan Habitat Indonesia dari Jepang Ikuti Pelatihan Batik di Kaliagung Batik

KALIAGUNG – Para relawan asal Jepang dari Yayasan Habitat Indonesia mengikuti pelatihan batik di Studio Mini Kaliagung Batik pada Rabu, 23 Agustus 2023 lalu.

Tidak hanya ikut membantu dalam pembangunan rumah layak huni, para relawan ini juga diperkenalkan terhadap budaya asli Indonesia, khususnya batik.

Pelatihan batik diikuti oleh 32 relawan dari Jepang yang bertempat di kediaman Kamituwa, Bapak Sudarman yang kebetulan juga merupakan mini studio dari Kaliagung Batik.

Dalam pelatihan batik ini, para relawan belajar membatik dari awal mulai dari proses menggambar pola desain, mencanting, hingga pewarnaan. Tidak hanya itu saja, mereka juga diperkenalkan dengan motif-motif batik khas Indonesia khususnya Jawa. Selain batik tulis, mereka juga berkesempatan untuk mencoba batik cap.

Adapun batik dengan ukuran 1x1 meter hasil buatan mereka sendiri tersebut dapat dibawa pulang ke Jepang. Relawan asal Jepang ini antusias untuk mengikuti pelatihan batik ini karena merupakan pertama kalinya mereka mendapatkan pengalaman ini.

Meski begitu, beberapa orang mengakui bahwa mereka cukup kesulitan dalam menggambar desain pola dan proses pemberian malam dengan canting.

Mereka mengikuti program volunteering di Habitat Indonesia ini lantaran memang ada Kerjasama yang terjalin dengan program volunteering di kampus mereka.

Sebelum mengikuti pelatihan batik ini, di hari sebelumnya tepatnya pada 21 Agustus 2023 mereka mengikuti pembangunan rumah layak huni di tiga rumah di Banyunganti Kidul yakni milik Bapak Jumadi Supriyatna, Marjo Prayitno, dan Eko Harto. (arum-sid)***

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image