You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Sambut Ramadhan, Kalurahan Kaliagung Gelar Festival Nyadran Agung dan Kirab Gunungan 1000 Apem

Partner SID 14 Maret 2024 Dibaca 25 Kali
Sambut Ramadhan, Kalurahan Kaliagung Gelar Festival Nyadran Agung dan Kirab Gunungan 1000 Apem

Kaliagung – Festival Nyadran Agung dan Kirab Gunungan 1000 Apem digelar oleh Kalurahan Kaliagung pada Minggu, 5 Maret 2024 lalu.

Nyadran Agung dan Kirab Gunungan 1000 Apem merupakan acara tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kalurahan Kaliagung untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kalurahan Kaliagung yang sudah ditunjuk sebagai Kalurahan Budaya tentunya berupaya untuk melestarikan budaya yang sudah ada sejak zaman dulu, salah satunya adalah Nyadran Agung ini.

Rangkaian acara Nyadran Agung dan Kirab Gunungan 1000 Apem ini melibatkan berbagai lapisan masyarakat di Kalurahan Kaliagung. Untuk tiap-tiap padukuhan juga mengikuti kirab yang diawali dengan masuknya pasukan Bregada Kaliagung kemudian rombongan masing-masing padukuhan.

Adapun rute untuk kirab yaitu dari Pasar Semawung hingga Kantor Kalurahan Kaliagung. Acara dimeriahkan oleh karawitan, hadroh, hingga pentas tari yang ditampilkan oleh siswa dari beberapa SD yang ada di wilayah Kaliagung.

Nyadran Agung sendiri merupakan sebuah tradisi masyarakat Jawa yang biasanya dilakukan di bulan Ruwah dalam kalender penanggalan Jawa, sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Maksud dilakukannya Nyadran itu sendiri merupakan upaya mendoakan arwah leluhur yang telah mendahului kita serta sebagai pengingat tentang kematian.

Nyadran Agung diakhiri dengan rebutan gunungan 1000 apem yang didominasi oleh anak-anak. Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan meriah dan lancar sesuai rencana. (arum-sid)***

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image