You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Syawalan Kalurahan Kaliagung: Melebur Dosa dan Kembali Fitrah

Partner SID 18 April 2024 Dibaca 19 Kali
Syawalan Kalurahan Kaliagung: Melebur Dosa dan Kembali Fitrah

Kaliagung – Syawalan untuk jajaran pamong Kalurahan Kaliagung dan pemangku kepentingan lainnya digelar di Pendopo Kalurahan Kaliagung pada Rabu, (17/4) lalu.

Syawalan dapat diartikan sebagai acara maaf-memaafkan yang dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal. Bagi masyarakat Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), acara Syawalan ini juga menjadi sebuah tradisi tersendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama di bulan Syawal ini manusia kembali fitrah, suci dari dosa setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan.

Biasanya, acara Syawalan akan dimulai dengan acara Sungkeman lalu dilanjutkan dengan jamuan makan menggunakan ketupat. Akan tetapi, rangkaian acara pada Syawalan ini bisa berbeda-beda tergantung dari daerah masing-masing.

Di Kalurahan Kaliagung sendiri, acara Syawalan dimulai dari sambutan oleh Lurah Kaliagung Sugeng Nugroho, S.Psi hingga sambutan dari Panewu Sentolo Raden Sigit Purnomo, S.IP.

Selanjutnya dilakukan acara pembacaan ikrar untuk saling memaafkan yang diikuti oleh seluruh hadirin yang hadir di acara Syawalan ini. Adapun untuk para hadirin terdiri atas jajaran pamong Kalurahan Kaliagung seperti Lurah, Jagabaya, Ulu-ulu, Danarta, Kamituwa, Panata Laksana Sapta Pangripta, Carik, para Dukuh, Tim SID, Darmawanita, Babinsa, Babinkamtibmas, dan pemangku kepentingan lainnya. Acara kemudian ditutup dengan acara makan bersama. (arum-sid)***

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image