You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Kalurahan Kaliagung Terima Bantuan Gamelan dari Dinas Kebudayaan DIY

Partner SID 28 September 2023 Dibaca 122 Kali
Kalurahan Kaliagung Terima Bantuan Gamelan dari Dinas Kebudayaan DIY

KALIAGUNG – Penyerahan bantuan gamelan oleh Dinas Kebudayaan DIY kepada Kalurahan Kaliagung telah dilakukan pada Selasa, 26 September 2023 lalu.

Gamelan yang diberikan merupakan satu set atau satu pangkon gamelan berbahan perunggu yang terdiri dari laras pelog dan laras slendro. Bantuan gamelan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi budaya yang ada di Kalurahan Kaliagung, khususnya dalam bidang music tradisional. Perlu diketahui bila Kalurahan Kaliagung telah ditunjuk menjadi Kalurahan Budaya. Dana dari kegiatan ini diambil dari Danais.

Gamelan ini diberi nama Gamelan Kyai Naga Agung Arum Mukti. Setelah penyerahan, telah dilakukan pula acara Jamasan Gangsa (Mencuci gamelan) dengan iringan lagu Dhandhang Gula.

Jamasan Gangsa tersebut dilakukan oleh Lurah Kaliagung Sugeng Nugroho, S.Psi, Kepala Seksi Lembaga Budaya Dinas Kebudayaan DIY dra. Endang Widuri, Kepala Kalurahan Budaya Aris Kristian Widodo, S.Si hingga Panewu Sentolo R.Sigit Purnomo, S.IP.

Adapun gamelan tersebut juga sudah dicoba untuk dimainkan pertama kali oleh kelompok karawitan Kaliagung yang terdiri dari 17 pengrawit dan 4 sinden. Mereka menampilkan beberapa lagu seperti Jogja Istimewa dan Desa Berbudaya. Acara lalu ditutup dengan kembul dhahar atau makan bersama.

Dalam penyerahan ini dihadiri pula oleh beberapa perangkat desa dan pihak yang terlibat seperti Jagabaya, Kamituwa, Ulu-ulu, Babinsa, Babhinkamtibmas, hingga Pendamping Kalurahan Budaya. (arum-sid)***

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image