Pendidikan Berkualitas bertujuan menjamin pendidikan yang inklusif dan bermutu serta mendorong kesempatan belajar sepanjang hayat. Pengenalan bahasa asing sejak usia sekolah dasar merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas pendidikan dasar, khususnya dalam penguatan literasi dan kesiapan global siswa. Berdasarkan observasi di SD Kalipenten, media pembelajaran visual berbahasa asing masih terbatas. Siswa belum banyak terpapar kosakata bahasa Inggris dan bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Padahal, penggunaan media visual seperti poster sangat efektif untuk membantu siswa mengingat kosakata dasar secara kontekstual dan berkelanjutan. Oleh karena itu poster edukatif bisa menjadi sarana media pembelajaran yang baik untuk anak anak SD Kalipenten.
Mengapa program ini harus terlaksana??
Program pembelajaran ini memiliki beberapa tujuan seperti:
- Mendukung SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) melalui penyediaan media pembelajaran visual berbasis bahasa.
- Memperkenalkan nama-nama hari dan bulan dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Jerman) kepada siswa SD Kalipenten.
- Meningkatkan minat belajar dan literasi bahasa siswa melalui poster edukatif yang menarik dan mudah dipahami.
- Mengembangkan keterampilan mahasiswa KKN dalam kerja sama tim, kreativitas, dan pengabdian kepada masyarakat
Sehingga dengan terlaksanakannya program ini maka diharapkan hasil:
- Berhasil membuat poster edukatif nama hari dan bulan dalam tiga bahasa yang terpasang di ruang kelas SD Kalipenten
- Berhasil membuat media untuk meningkatkan pengetahuan dasar siswa tentang kosakata hari dan bulan dalam bahasa asing.
- Meningkatnya minat belajar siswa melalui media visual edukatif.
-
-
- Terjalinnya hubungan positif antara mahasiswa KKN dan pihak sekolah.
Dengan syarat syarat yang telah dipenuhi dan dilakukan, maka hasil evaluasi yang didapat dari kegiatan ini adalahPoster edukatif mengenai nama-nama bulan dan hari dalam 3 bahasa (jerman, inggris dan indonesia) berhasil dibuat dan dipasang di kelas 5 SD Kalipenten. Dalam pelaksanaannya, respons dan antusiasme siswa saat kegiatan pengenalan poster sangat tinggi, mereka banyak bertanya dan mampu menghafal serta menjawab pertanyaan ketika ditanyakan.
Kedepannya, poster yang telah dipasang dapat digunakan secara berkelanjutan oleh pihak sekolah sebagai media pembelajaran. Program ini juga berpotensi dikembangkan dengan materi kosakata lain, seperti angka, warna, atau benda di sekitar kelas.
- Terjalinnya hubungan positif antara mahasiswa KKN dan pihak sekolah.
-
-