You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Habitat Indonesia Berikan Bantuan Rumah Layak Huni di Kalurahan Kaliagung

Partner SID 23 Agustus 2023 Dibaca 244 Kali
Habitat Indonesia Berikan Bantuan Rumah Layak Huni di Kalurahan Kaliagung

Kaliagung – Pemerintah Kalurahan Kaliagung bekerja sama dengan Lembaga non-profit, Habitat for Humanity Indonesia (Habitat Indonesia).

Sebagai Lembaga non-profit, Habitat Indonesia memiliki tujuan untuk mmebantu masyarakat miskin Indonesia, terutama di daerah yang dikategorisasikan sebagai area miskin.

Habitat Indonesia juga membantu keluarga berpenghasilan rendah dengan membangun rumah layak huni, memperbaiki rumah di bawah standar kelayakan dan menciptakan wilayah pemukiman atau perumahan yang sederhana bagi keluarga yang membutuhkan.

Kerja sama ini merupakan kerja sama yang pertama bagi Pemerintah Kalurahan Kaliagung dengan Habitat Indonesia. Sementara itu sejak tahun 2019, Habitat Indonesia sudah pernah bekerja sama dengan Kapanewon Sentolo, tepatnya di KalurahanTuksono.

“Mulai tahun ini kami membuka program yang namanya Global Village. Global Village ini adalah program kolaborasi atau program fundraising di mana kami mendatangkan relawan asing yang berada di jaringan Habitat yang ada di luar, seperti Jepang, Singapura, Hongkong, Amerika dan mungkin juga Netherland dan Australia,” ungkap Bapak Yoyok, perwakilan dari Habitat Indonesia.

Dana yang digunakan dalam proses pembangunan didapat dari para relawan di negara-negara tersebut.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat memiliki rumah layak huni yang baik serta membantu tugas pemerintah dalam mengatasi angka kemiskinan.

“Membantu masyarakat Sentolo khususnya Kaliagung, Kulon Progo pada umumnya untuk mengurangi gap angka kemiskinan dan rumah tidak layak huni di mana itu menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi kita percaya bahwa pemerintah juga memiliki kendala. Jadi peran kami di Habitat adalah sebagai mitra pemerintah dalam mengurangi gap untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni,” lanjutnya.

Adapun dalam melaksanakan proses pembangunan rumah layak huni tersebut, dari Habitat Indonesia menerjunkan volunteer atau relawan yang berasal dari Jepang. Anak-anak muda dari Jepang tersebut merupakan mahasiswa yang memang secara sukarela mengikuti kegiatan volunteering ini.

“Kami tahu program ini karena kami punya klub relawan di kampus dan klub relawan itu berhubungan dengan Habitat. Kami tertarik untuk ikut kegiatan volunteering ini karena dengan ikut program ini kami bisa tahu kebudayaan dari negara lain, dan mendapat banyak pengetahuan tentang banyak hal. Alasan kedua, karena program ini sangatlah langka dan jarang ada,” ungkap salah satu relawan, Koki.

Pembangunan rumah layak huni yang pertama dimulai pada Senin, 21 Agustus 2023 lalu di tiga rumah di Banyunganti Kidul, yakni di rumah Bapak Jumadi Supriyatno, Bapak Marjo Prayitno, dan Bapak Eko Harto.

Proses pembangunan berjalan tahap awal seperti penggalian tanah untuk pondasi telah berjalan dengan lancar. Kegiatan ini tentu saja disambut baik oleh masyarakat serta perangkat desa di Kalurahan Kaliagung.

“Saya sangat berterima kasih dan sangat senang sekali ada program dari Habitat yang tentunya membantu masyarakat di Banyunganti Kidul pada khususnya untuk pembangunan rumah layak huni sehingga masyarakat sini terbantu. Serta dapat berinteraksi langsung dengan relawan dari Jepang yang tentunya ini satu hal yang baru,” ungkap Dukuh Banyunganti Kidul, Revika Nurul Fadhillah.

Tak hanya itu saja, ucapan terima kasih juga diucapkan kepada Habitat yang telah menyelenggarakan program ini di wilayah Kaliagung, khususnya Banyunganti Kidul.

“Terima kasih kepada Habitat dan programnya yang ada relawan Jepang hadir pada kegiatan program ini sehingga kami bisa juga mendapatkan bantuan rumah. Kami juga bisa berinteraksi langsung dengan para relawan Jepang ini. Kami harapkan juga nanti ada kelanjutan dari program-program ini di Banyunganti Kidul pada khususnya sehingga dapat berkembang,” tutupnya.

Program pembangunan rumah layak huni dari Habitat ini tidak hanya terbatas di Banyunganti Kidul saja, tapi juga ada di beberapa daerah lain di Kaliagung seperti Banyunganti Lor dan Kemiri. (arum-sid)***

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image