You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Pamong Kalurahan Kaliagung Ziarah ke Makam Cikal Bakal Kaliagung

Partner SID 14 Maret 2024 Dibaca 28 Kali
Pamong Kalurahan Kaliagung Ziarah ke Makam Cikal Bakal Kaliagung

Kaliagung – Segenap pamong Kalurahan Kaliagung mengikuti acara ziarah ke beberapa makam cikal bakal yang ada di wilayah Kaliagung pada Selasa, 4 Maret 2024.

Ziarah kali ini diadakan dalam rangka ziarah sebelum memasuki bulan Ramadhan. Adapun ada 3 makam di wilayah Kalurahan Kaliagung yang menjadi tujuan ziarah yaitu: Makam Brojo, Makam Udan Riwis, dan Makam Jering.

Pemilihan ketiga makam tersebut sebagai lokasi bukan tanpa alasan. Melainkan karena di makam-makam tersebut terdapat makam dari para tokoh-tokoh penting yang berjasa dalam terbentuknya Kalurahan Kaliagung.

Untuk tokoh yang diziarahi di Makam Brojo yang ada di Padukuhan Kleben adalah makam Kyai Ngabi Gunowiharjo, Kyai Sukarno Karnomo dan beberapa tokoh penting lainnya.

Sementara itu di Makam Udan Riwis yang ada di Padukuhan Banyunganti Lor adalah makam Ki Martosonto, Nyai Martosonto (Murtinah) dan keluarganya yang merupakan Lurah Kalurahan Kalinganti, cikal bakal dari Kalurahan Kaliagung.

Untuk makam yang terakhir adalah Makam Jering yang ada di Padukuhan Jetak. Dilakukan pula ziarah di makam ini karena di makam inilah tempat di mana orang tua dari Lurah Kaliagung saat ini, Sugeng Nugroho, S.Psi diistirahatkan.

Di tiap-tiap makam, selain terdapat prosesi tabur bunga, sebelumnya juga bersama-sama dilakukan acara doa bersama dan tahlil. (arum-sid)***

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image