You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Program Mengajar Siswa PAUD Janaka oleh Mahasiswa KKN PPM UGM 2023

29 Juli 2023 Dibaca 161 Kali
Program Mengajar Siswa PAUD Janaka oleh Mahasiswa KKN PPM UGM 2023

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Gadjah Mada melaksanakan program kerja yang melibatkan siswa-siswi PAUD Janaka Dusun Kemiri. Serangkaian kegiatan belajar mengajar disambut baik oleh guru dan orang tua para murid. Pada minggu pertama, kegiatan diisi dengan pengenalan lingkungan hidup, bentuk hewan dan alat transportasi, serta bentuk bangun datar dengan media kertas origami. “Awalnya aku ngerasa deg-degan waktu pertama kali ngajar PAUD, tapi puji Tuhan semua siswa PAUD menerima kami dan selalu antusias ketika kami mengisi kegiatan”, kata salah satu anggota KKN PPM UGM. “Memang pada awalnya tidak mudah untuk mendapatkan seluruh atensi anak-anak kepada kami karena mereka punya dunianya sendiri, namun hal ini menjadi sarana belajar kami untuk menghadapi berbagai jenis orang”, lanjutnya.

Pada minggu kedua, para mahasiswa KKN sudah mulai terbiasa dengan kegiatan mengajar, sehingga rasa gugup mulai berkurang ketika mengisi kegiatan. Pengampu PAUD yang dilakukan oleh Bu Ambar dan Bu Etik, tidak jarang untuk ikut serta dalam membantu kami menenangkan para murid dan mengembalikan atensi mereka. Pada minggu ini, kegiatan pembelajaran diisi dengan kegiatan belajar pemilahan sampah, menggambar sebagai bentuk art therapy, dan membuat kerajinan mozaik dari biji-bijian. Di minggu ini, kami juga mengisi tambahan materi berupa sosialisasi kepada orang tua murid mengenai jumlah gizi makanan anak bertajuk “Isi Piringku”. Tambahan materi ini disampaikan oleh salah satu anggota KKN yang pada tahun ini terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Klaten. Setelah sosialisasi selesai, kegiatan selanjutnya adalah pemberian PMT kepada seluruh murid PAUD Janaka dan bermain bersama. 

Mahasiswa KKN PPM UGM menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan mengajar setelah lima kali pertemuan bersama para murid. Pada setiap sesi akhir kegiatan, mahasiswa KKN juga memberikan kenang-kenangan kepada para murid. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para murid dapat mengingat kembali materi yang telah diajarkan dan dapat melakukan praktik langsung di luar kegiatan belajar mengajar. Harapannya, semoga dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para murid dalam tumbuh kembangnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image