You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Proker KKN 78 USD : Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan Kelompok Tani Suka Mulya di Dusun Kaliwilut

KKN Sanata Darma 29 Januari 2024 Dibaca 43 Kali
Proker KKN 78 USD : Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan Kelompok Tani Suka Mulya di Dusun Kaliwilut

Dalam rangka KKN Universitas Sanata Dharma angkatan 67, kelompok KKN 78 di Dusun Kaliwilut melaksanakan program kerja pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) pada tanggal 20 Januari 2024. Pelaksanaan program tersebut dilakukan atas kolaborasi kelompok KKN 78 bersama dengan Kelompok Tani Suka Mulya di Dusun Kaliwilut. Program kerja ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya yang sangat melimpah di Dusun Kaliwilut yaitu buah kelapa, terkhusus buah kelapa tua. Selain itu, pertanian di Dusun Kaliwilut yang juga menjadi mata pencaharian mayoritas warga, sehingga rasanya cocok jika program ini dikembangkan di Dusun Kaliwilut.
 
Pupuk Organik Cair (POC) adalah larutan dari hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, limbah agroindustri, kotoran hewan, dan kotoran manusia yang memiliki kandungan lebih dari satu unsur hara. Pencemaran tanah pada lahan pertanian yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk kimia yang berlebih menjadi salah satu masalah bagi lingkungan. Kerusakan tanah yang diakibatkan penggunaan pupuk kimia yang berlebih dapat berupa hilangnya organik tanah, kontaminasi tanah dari senyawa kimia dan rusaknya struktur tanah yang menyebabkan rusaknya perakaran. Dengan kerusakan tanah tersebut dapat berdampak bagi hasil pertanian, apalagi kita ketahui bahwa banyak sekali lahan pertanian di Dusun Kaliwilut, sehingga dapat terjadi punurunan hasil panen ataupun kualitasnya jika penggunaan pupuk kimia yang berlebih. 

Melalui Pupuk Organik Cair dari air kelapa dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga ekosistem tanah bagi pertanian. Pengolahan POC yang terbilang cukup mudah dan juga biayanya yang terjangkau, sehingga sangat mungkin dibuat oleh setiap orang atau para petani di Dusun Kaliwilut. Melihat bahan baku yang sangat mudah didapatkan juga menjadi salah satu faktor yang sangat menguntungkan bagi para petani untuk mendapatkan pupuk yang baik untuk tumbuhan dan juga ekosistem. Sehingga diharapkan melalui program kerja pembuatan POC dari air kelapa bisa berguna baik bagi kelangsungan pertanian di Dusun Kaliwilut. (KKN USD Kelompok 78)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image