You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Sambut Bulan Suro, Kalurahan Kaliagung Gelar Upacara Adat Jamasan Gongso

Partner SID 09 Agustus 2024 Dibaca 14 Kali
Sambut Bulan Suro, Kalurahan Kaliagung Gelar Upacara Adat Jamasan Gongso

Kaliagung – Upacara adat Jamasan Gongso telah dilaksanakan di Balai Kalurahan Kaliagung pada Selasa, (29/7) lalu.

Upacara adat Jamasan Gongso adalah upacara adat yang bertujuan untuk membersihkan gamelan. Biasanya, Jamasan Gongso dilaksanakan hanya satu kali dalam satu tahun, tepatnya di bulan Suro atau Muharram.

Jamasan Gongso yang dilakukan oleh Kalurahan Kaliagung tahun ini melibatkan dua set gamelan yang dimiliki oleh kalurahan yakni Gamelan Kyai Naga Agung Arum Mukti dan Gamelan Kyai Laras Agung Wijaya.

Acara ini dimeriahkan oleh kirab yang berisi pasukan bergodo yang membawa kendi berisi air dari 17 sendang yang tersebar di Kalurahan Kaliagung. Air dari 17 sendang tersebut akan digunakan untuk memandikan gamelan.

Dalam kirab tersebut juga turut diarak alat gamelan, barisan musik drum band beserta dengan pasukan bergodo tersebut.

Terdapat 11 alat music gamelan yang umurnya sudah mencapai puluhan tahun, yakni sekitar 50 tahun. Alat-alat gamelan ini perlu untuk dilestarikan sebagai warisan Kalurahan Kaliagung sebagai desa budaya.

Seluruh pamong Kalurahan Kaliagung pun turut menghadiri acara ini lengkap menggunakan pakaian adat Jawa. Acara Jamasan Gongso juga disiarkan secara livestreaming melalui kanal YouTube resmi Kalurahan Kaliagung yakni KaliagungTV oleh Tim SID. (arum-sid)

***

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image