You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Pembanguan Padat Karya Irigasi di Kleben Kembali Dibangun, Sokong Program Cetak Sawah Baru

Partner SID 03 Mei 2024 Dibaca 38 Kali
Pembanguan Padat Karya Irigasi di Kleben Kembali Dibangun, Sokong Program Cetak Sawah Baru

Kaliagung – Program Padat Karya Irigasi kembali dibangun di Padukuhan Kleben, Kalurahan Kaliagung. Saat ini pembangunan saluran irigasi tersebut masih dalam proses dan belum selesai.

Pembangunan saluran irigasi di Padukuhan Kleben dibangun dengan anggaran sebanyak Rp175 juta dan termasuk dalam program kegiatan Padat Karya Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan dengan sumber dana dari APBKal yang bersumber dari BKK Dana Keistimewaan DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dengan adanya pembangunan saluran irigasi tersebut diharapkan dapat mendukung program pertanian di Kalurahan Kaliagung terutama untuk pengentasan kemiskinan. Perlu diketahui bila mata pencaharian masyarakat Kaliagung didominasi oleh petani.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kalurahan Kaliagung Tengah mengupayakan peningkatan-peningkatan pertanian yang salah satunya akan dicapai melalui pembangunan saluran irigasi ini.

Di tahun 2023 lalu, program Padat Karya Irigasi di Kleben sudah dibangun hanya saja di lokasi yang berbeda. Pembangunan saluran irigasi di tahun 2023 tidak hanya berada di Padukuhan Kleben saja tetapi juga membentang hingga ke wilayah Padukuhan Banyunganti Kidul.

Adapun untuk pembangunan Padat Karya Irigasi di tahun 2024 ini untuk mendukung cetak sawah baru yang ada di Padukuhan Kleben. Luas cetak sawah baru tersebut sekitar 4 sampai 5 hektare. Oleh sebab itu dengan adanya saluran irigasi yang baik, bisa mencukupi kebutuhan air di lahan sawah yang baru tersebut.

Pembangunan saluran irigasi ini melibatkan masyarakat lokal khususnya masyarakat dari Padukuhan Kleben dengan jumlah total 60 orang pekerja. Pemilihan pekerja didasarkan pada warga yang masih belum memiliki pekerjaan atau menganggur hingga warga yang semi-menganggur. Alasannya adalah untuk memberikan penghasilan kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

Rencananya saluran irigasi yang melewati Padukuhan Kleben ini akan memiliki volume dengan panjang 290 m dengan penampang saluran lebar 30cm dan tinggi 60 cm.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 18 hari dimulai dari 22 April hingga selesai pada 10 Mei 2024. (arum-sid)***

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image