You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Nyawiji Anggayuh Mukti di Malam Tirakatan Hari Jadi Kaliagung ke-77

Partner SID 03 April 2024 Dibaca 25 Kali
Nyawiji Anggayuh Mukti di Malam Tirakatan Hari Jadi Kaliagung ke-77

Kaliagung – Malam Tirakatan Hari Jadi Kaliagung ke-77 digelar pada Jumat, 29 Maret 2024 lalu di Pendopo Kalurahan Kaliagung.

Malam tirakatan adalah tradisi masyarkaat Jawa dalam menyambut hari ulang tahun, biasanya untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI hingga hari jadi daerah.

Malam Tirakatan Hari Jadi Kaliagung ke-77 kali ini mengambil tema Nyawiji Anggayuh Mukti. Dalam Bahasa Indonesia, Nyawiji Anggayuh Mukti dapat diartikan menjadi “Bersatu mencapai kemakmuran atau kebaikan bersama-sama”.

Artinya, diharapkan seluruh komponen masyarakat dan lembaga bisa membangun Kaliagung yang maju dengan masyarakat yang sejahtera.

Dalam malam tirakatan ini, diadakan acara doa bersama, potong tumpeng dan kemudian diakhiri dengan makan bersama dengan konsep kembul bujana. Kembul bujana berarti jamuan makan  bersama dengan santapan khas tumpengan yang dilakukan secara bersama-sama.

Seluruh jajaran pamong Kalurahan Kaliagung menghadiri malam tirakatan ini seperti Lurah, Dukuh seluruh padukuhan di Kaliagung, mantan pamong, Bumdes, BPK, pengurus Kalurahan Budaya, Rois, LPMK, perwakilan tokoh agama, Tim SID, hingga perwakilan Karang Taruna.

Adapun beberapa poin yang turut dibahas dalam malam tirakatan tersebut adalah evaluasi terkait beberapa event yang telah digelar sebagai Kalurahan Budaya seperti Nyadran Agung, Tabur Bunga, hingga Tirakatan.

Puncak HUT Kalurahan Kaliagung akan dilaksanakan pada 19 Mei 2024 mendatang di Puncak Bukit Beteng bersamaan dengan adanya Pasar Tiban yang jatuh tiap hari Minggu Legi.

Acara malam puncak akan dimeriahkan oleh pertunjukan drama ketoprak kolosal dari Kalurahan Kaliagung yang berkolaborasi dengan Karang Taruna. (arum-sid)***

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image