You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIAGUNG
Kalurahan KALIAGUNG

Kap. Sentolo, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Kaliagung. Jika ada Pertanyaan seputar Pelayanan Umum bisa WhatsApp Chat di nomor 085163242006 (Hari & Jam Kerja)

Program Padat Karya Jaringan Irigasi Kleben dari BKK TA 2023 Selesai Digarap

Partner SID 20 Juni 2023 Dibaca 164 Kali
Program Padat Karya Jaringan Irigasi Kleben dari BKK TA 2023 Selesai Digarap

Kaliagung – Program Padat Karya Kalurahan Kaliagung di Dusun Kleben  dan Banyunganti Kidul berupa jaringan irigasi telah selesai digarap. Pembangunan jaringan irigasi yang membentang dari Pedukuhan Banyunganti Kidul hingga Kleben tersebut mulai digarap sejak tanggal 29 Mei dan selesai pada 17 Juni 2023. Saluran irigasi sepanjang 225 meter tersebut selesai dalam 18 hari kerja.

Program dengan anggaran sebanyak Rp175 juta tersebut merupakan bagian dari kegiatan Padat Karya Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan dengan sumber dana dari APBKal yang bersumber dari BKK Dana Keistimewaan DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Alhamdulillah kegiatan pembangunan irigasi di Pedukuhan Kleben telah selesai dan berjalan dengan lancar. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kleben yang telah mendukung program irigasi ini dan saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja DIY yang telah menganggarkan kegiatan Padat Karya Penerapan Tata Nilai Semangat Keyogyakartaan melalui Dana Keistimewaan DIY tahun anggaran 2023. Semoga program irigasi ini akan mendukung pertanian di Pedukuhan Kleben dan umumnya di Kalurahan Kaliagung,” papar Lurah Kaliagung, Sugeng Nugroho, S.Psi.

Program padat karya ini juga mendapat sambutan baik dari masyarakat sekitar. Pengerjaan jaringan irigasi bahkan melibatkan beberapa lapisan masyarakat. Sebanyak 60 warga Dusun Kleben ikut terlibat dalam pengerjaan saluran irigasi ini yang terdiri dari ibu rumah tangga, pemuda, hingga orang dewasa.

Program Padat Karya berupa pembangunan jaringan irigrasi ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Dusun Kleben dan Banyunganti Kidul, khususnya para petani. Lancarnya sistem irigasi secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil panen di masa yang akan datang. Selain itu, proses pengerjaan jaringan irigasi tersebut juga turut membantu perekonomian masyarakat sekitar.

“Untuk para pekerja sangat bermanfaat untuk mencari nafkah untuk sehari-harinya untuk menambah penghasilan pekerja itu sendiri. Dari proyek atau pembangunan irigasi ini yang terutama bagi masyarakat petani khususnya untuk manfaat irigasi ini untuk mendukung penghasilan petani untuk hasil pertaniannya. Dan pekerja padat karya sangat menguntungkan karena tidak bepergian jauh untuk mencari penghasilan,” jelas Dukuh Kleben, Andhika Haritza Surya Praptama.

Para pekerja yang terlibat juga turut berterimakasih dengan adanya program padat karya ini karena secara tidak langsung membantu perekonomian mereka sehari-hari. Selain itu, harapannya saluran irigasi ini dapat mengairi persawahan sehingga diharapkan adanya program Padat Karya Jaringan Irigrasi dapat memaksimalkan potensi tani Dusun Kleben dan Banyunganti Kidul.***(arum-sid)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image